Kegiatan penelitian dan pengembangan produk cor bracketsebagai  kegiatan awal pembuatan target castingdari proyek kerjasama antara Kementerian Perindustrian dan Japan International Cooperation Agency

 

Kegiatan “Project on Enhancement of Metalworking Capacity for Supporting Industries of Construction Machineryin Indonesia” merupakan proyek kerjasama antara Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) yang yang dilaksanakan selama 3 tahun dari bulan Mei 2014 hingga bulan Maret 2017, yang saat ini telah memasuki awal tahun kedua. Tujuan akhir dari proyek ini adalah memperkuat kapasitas teknologi industri-industri yang mendukung industri alat berat di Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu aktifitas proyek ini adalah membuat target casting.

Target casting adalah komponen alat berat yang merupakan produk cor baja serta masih diimpor. Balai Besar Logam dan Mesin  (BBLM) akan melakukan penelitian dan pengembangan dari komponen-komponen target casting tersebut dengan membuat prototipenya yang sesuai standar dan memiliki harga yang ekonomis. Setelah prototipe berhasil dibuat dengan baik, staf BBLM dibawah pengawasan tenaga ahli JICA akan memberikan bimbingan pembuatan komponen tersebut ke industri agar dapat diproduksi. Diharapkan dari kegiatan pembuatan target casting ini dapat meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Komponen-komponen alat berat target casting adalah bracket, boss diameter 160 mm, boss diameter 242 mm, sprocket diameter 659 mm, dan sprocket diameter 748 mm, yang merupakan bagian dari tungkai dan rantai penggerak excavator.

Saat ini telah berhasil dibuat prototipe untuk komponen bracket. Setelah melalui beberapa perubahan casting design akhirnya diperoleh produk cor bracket yang bebas cacat shrinkage. Untuk menghasilkan komponen bracket dengan harga yang dapat bersaing sedang dilakukan penelitian dan pengembangan pembuatan prototipe komponen bracket yang menggunakan cetakan pasir basah (green sand). Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mencari hubungan dari campuran bentonite, air dan pasir yang sesuai dengan sifat mekanis pasir cetak yang paling tepat untuk mencegah cacat sinter.

Untuk dapat melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan pembuatan target casting dengan baik diperlukan proses perlakuan panas. Perlakuan panas adalah proses tambahan dari produk cor baja untuk memperbaiki sifat mekanisnya. JICA memberikan bantuan hibah tungku perlakuan panas kepada BBLM sebagai bagian dari kegiatan proyek untuk mendukung keberhasilan kegiatan penelitian dan pengembangan pembuatan target casting. Gambar 1. berikut ini memperlihatkan pola kayu dengan disain saluran tuangnya yang siap digunakan pada mesin double squeze, dan gambar 2 berikut ini memperlihatkan tungku perlakuan panas bantuan hibah dari JICA yang sedang beroperasi.

 

 

Gambar 1. Pola kayu bracket dengan sistem saluran tuangnya

 

Gambar 2. Tungku perlakuan panas bantuan hibah JICA

Joomla templates by a4joomla