Koperasi Pegawai Balai Besar Pengembangan Industri Logam dan Mesin "Sejahtera", disingkat dengan Koperasi Pegawai BBPILM "Sejahtera" bernaung dibawah MIDC (Metal Industries Development Center).

MIDC dibangun berdasarkan surat keputusan Dirjen Perindustrian Dasar No.57/Kpts/DD/PERDAS/1969 tanggal 5 november 1969 sebagai salah satu wujud kerjasama antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Kerajaan Belgia.Pada saat itu MIDC berstatus proyek yang dikelola oleh para tenaga ahli dari Belgia. Kegiatan proyek tersebut berlangsung sampai dengan tahun 1979. Pada tanggal 9 Maret 1979 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian No. 45/M/SK/3/1979 Proyek MIDC diubah statusnya menjadi BBPILM (Balai Besar Pengembangan Industri Logam dan Mesin), yang merupakan UPT(Unit Pelaksana Teknis) dari BPPI (Badan Penelitian dan Pengembangan Industri). Selanjutnya, bersadarkan SK Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 785/MPP/Kep/11/2002 tanggal 29 November 2002 pengelolaan MIDC diserahkan kepada Direktorat Jendral IDKM (Industri dan Dagang Kecil Menengah), dan namanya diubah menjadi BBLM (Balai Besar Logam danMesin).

Koperasi Pegawai BBPILM "Sejahtera" didirikan ketika MIDC dikelola oleh BPPI, dengan Akta Pendirian tertanggal 26 Mei 1994. Pada saat pengelolaan MIDC dipindahkan ke IDKM, dimana nama MIDC diubah menjadi BBLM, sedangkan nama Koperasi Pengawai BBPILM "Sejahtera" tidak dirubah. Hal tersebut terjadi dikarenakan oleh faktor yang berkaitan dengan semua perijizinan masih menggunakan dengan nama Koperasi Pengawai BBPILM "Sejahtera". Oleh sebab itu nama Koperasi Pegawai BBPILM sampai saat ini masih digunakan, walaupun nama induknya sudah dirubah menjadi BBLM (Balai Besar Logam dan Mesin).

Pada mulanya, ketika Koperasi Pegawai BBPILM dibangun, kegiatan utamanya di mulai dengan simpan pinjam untuk anggota. Sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman, usaha Koperasi Pegawai BBPILM "Sejahtera" melaksanakan kegiatan Jasa Pelayanan Teknis (JPT) kepada Industri Logam dan Mesin. Selain dari pada itu, sejak tahun 2015 proses pelaksanaan transaksinya juga berubah dari awalnya konvensional menjadi"Syariah".

Joomla templates by a4joomla